Rabu, 01 Oktober 2014

About My Future

        Perkenalkan saya Yudhi Prasetya pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang akan menjadi apa saya setelah lulus kuliah dari jurusan Teknik Informatika. Insyaallah saya akan menjadi DBA (database administrator), mengapa saya memilih menjadi DBA karena prospek kerja yang sangat menjanjikan, lihat saja perusahaan mana yang tidak menggunakan database ? ya pasti hampir semua perusahaan menggunakannya makro maupun mikro company. Bayangkan saja jika suatu perusahaan tidak menggunakan database, pasti perusahaan tersebut mempunyai kesulitan dalam penyimpanan maupun pengolahan datanya. Oleh karena itu database di sebuah perusahaan sangat sentral. 
    Banyak software yang dapat digunakan dalam pengolahan database yaitu, oracle, mysql, postgresql, ms access dan lain lain. Dalam banyaknya pilihan tersebut saya lebih tertarik kepada oracle karena dukungan dari oracle sendiri sangat intens dalam pengembangannya oleh karena itu banyak perusahaan yang menggunakannya.
       Oracle DBA (Database Administrator) seringkali dikatakan sebagai Baby Sitter Database Oracle. Tugas utama seorang DBA adalah menjaga kelangsungan hidup dari Database Oracle yang dikelola.
Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan. DBA mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database. Suatu perusahaan mungkin mengharuskan seorang DBA memiliki sertifikasi atau gelar untuk  sistem database (misalnya, Microsoft Certified Database Administrator).
Tugas-tugas seorang administrator database bervariasi, tergantung pada job description-nya, perusahaan, peraturan Teknologi Informasi (TI), fitur-fitur teknis, dan juga kemampuan dari DBMS yang diberikan. Semua itu termasuk pemulihan setelah bencana (backups and testing of backups), analisis kinerja dan tuning, pemeliharaan data dictionary, dan desain database.
Gaji rata-rata untuk DBA yang saya dapatkan diinternet, “di Australia, negara bagian victoria”  adalah AUD 71.596 didasarkan pada sekitar tiga tahun pengalaman IT yang relevan. kalau di Indonesia ????..hahahaha.. Prospek pekerjaan ini baik, dan lapangan kerja tetap stabil selama lima tahun terakhir.

Semoga saya menjadi Oracle DBA. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar